Pengertian dan Jenis-jenis Tipe Data/ Data Type didalam Dunia Pemrograman

Assalamualaikum Wr. Wb. Sobat WESBOL
Sobat masih awam dengan Type Data dalam dunia pemrograman? Nah kali ini WESBOL akan share tentang Pengertian dan Jenis-jenis Tipe Data/ Data Type didalam Dunia Pemrograman

Pengertian Tipe Data/ Data Type
Pengertian dan Jenis-jenis Tipe Data/ Data Type didalam Dunia Pemrograman
Pengertian dan Jenis-jenis Tipe Data/ Data Type didalam Dunia Pemrograman
Tipe Data adalah jenis nilai yang dapat ditampung oleh suatu variabel.

Jenis-jenis Tipe Data/ Data Type
1.     Tipe data primitive (Sederhana)
Tipe data primitive adalah Tipe data yang mampu menyimpan satu nilai tiap satu variabel. Tipe data primitive merupakan tipe data dasar yang sering dipakai oleh program. Contoh tipe data primitive  adalah tipe numerik (integer dan real), tipe data karakter/char, tipe data boolean.

A.   Numeric
Tipe data numeric digunakan pada variabel atau konstanta untuk menyimpan nilai dalam bentuk angka. Tipe data ini terbagi atas integer, dan real.

a.   Integer
Integer Merupakan tipe data berupa bilangan bulat, terbagi atas beberapa kategori seperti table dibawah ini
Tipe Data
Ukuran Tempat
Rentang Nilai
Byte
1 byte
0 s/d +255
Shortint 
1 byte
-28 s/d +127
Integer
2 bytes
-32768 s/d 32767
Word 
2 bytes
0 s/d 65535
Longint 
4 bytes
2147483648 s/d 2147483647

b.   Real
Real adalah bilangan yang berisi titik desimal atau jenis bilangan pecahan.
Tipe Data
Ukuran Tempat
Rentang Nilai
real
6 bytes
2.9 x 10-39 s/d 1.7 x1038
single 
4 bytes
1.5 x 1045 s/d 3.4 x 1038  
double
8 bytes
5.0 x 10-324 s/d 1.7 x 10308
extended 
10 bytes
3.4 x 10-4932 s/d 1.1 x 104932
comp 
8 bytes
-9.2x 1018 s/d 9.2x 1018

B.   Karakter (char)
Karakter merupakan tipe data yang hanya mampu menyimpan 1 digit karakter.  Ukuran untuk tipe data karakter adalah 1 byte (1 byte = 8 bit). Adapun macam karakter yang ada sejumlah 256 macam karakter yaitu dari kode karakter (ASCII), 0 sampai dengan 255. Untuk penulisan karakter menggunakan tanda petik tunggal (‘ )  di depan dan belakang karakter yang ditulis. Contoh : ‘a’, ‘A’,’&’ dll.
Nilai-nilai yang termasuk karakter adalah :
a.      Karakter huruf : ‘a’..’z’,’A’..’Z’
b.      Karakter angka : ‘0’..’9’
c.       Karakter tanda baca : titik, koma, titik koma, titik dua dan sebagainya
d.      Karakter khusus : $, %, #, @ dan sebagainya.

C.      Boolean
Boolean merupakan tipe data logika, yang berisi dua kemungkinan nilai: TRUE (benar) atau FALSE (salah). Tipe data boolean memakai memori paling kecil.

2.     Tipe data Composite
Tipe Data Komposit merupakan tipe data yang dapat menampung banyak nilai, antara lain sebagai berikut.
A.   Array
Array atau sering disebut sebagai larik, adalah tipe data yang sudah terstruktur dengan baik, meskipun masih sederhana. Array mampu menyimpan sejumlah data dengan tipe yang sama (homogen) dalam sebuah variabel. Sebagai ilustrasi, array mampu menampung banyak data namun dengan satu tipe data yang sama, misalnya integer saja. Setiap lokasi data array diberi nomor indeks yang berfungsi sebagai alamat dari data tersebut.

B.   Record atau struct
Seperti halnya Array, Record atau Struct juga termasuk tipe data komposit. Record dikenal dalam bahasa Pascal/Delphi sedangkan Struct dikenal dalam bahasa C++. Berbeda dengan array, tipe data record mampu menampung banyak data dengan tipe data berbeda-beda (heterogen). Misalnya, satu bagian integer, satu bagian lagi character, dan bagian lainnya Boolean. Biasanya record digunakan untuk menampung data suatu obyek. Misalnya, siswa memiliki nama, alamat, usia, tempat lahir, dan tanggal lahir. Nama akan menggunakan tipe data string, alamat bertipe data string, usia bertipe data single (numeric), tempat lahir bertipe data string, dan tanggal lahir bertipe data date. Berikut ini contoh pengunaan record dalam Delphi.

C.   Image
Image, atau gambar, atau citra, merupakan tipe data grafik. Misalnya grafik perkembangan jumlah siswa SMK, foto keluarga kita, video perjalanan, dan lain-lain. Pada bahasa-bahasa pemrograman modern terutama yang berbasis visual, tipe data ini telah didukung dengan sangat baik.

D.   Date Time

Nilai data untuk tanggal (date) dan waktu (time) secara internal disimpan dalam format yang spesifik. Variabel atau konstanta yang dideklarasikan dengan tipe data Date dapat digunakan untuk menyimpan, baik tanggal maupun jam. Tipe data ini masuk dalam kelompok tipe data composite, karena merupakan bentukan dari beberapa tipe data.

E.   Object
Tipe data object digunakan untuk menyimpan nilai yang berhubungan dengan obyek-obyek yang disediakan oleh Visual Basic, Delphi, dan bahasa pemrograman lain yang berbasis GUI. Sebagai contoh, apabila mempunyai form yang memiliki control Command button, yang kita beri nama Command1.

F.    Subrange
Tipe data subrange merupakan tipe data bilangan yang mempunyai jangkauan nilai tertentu sesuai dengan yang ditetapkan programmer. Biasanya, tipe data ini mempunyai nilai batas minimum dan nilai batas maksimum. Tipe data ini didukung dengan sangat baik dalam Delphi.

G.   Enumerasi
Tipe data ini merupakan tipe data yang mempunyai elemen-elemen yang harus disebut satu persatu, dan bernilai konstanta integer sesuai dengan urutannya. Nilai konstanta integer elemen ini diwakili oleh suatu nama variable yang ditulis di dalam kurung. Tipe data ini juga dijumpai pada Delphi, dan bahasa pemrograman deklaratif seperti SQL.

Pada contoh di atas, tipe data Hari_dlm_Minggu termasuk enumerasi dengan rentang nilai Nol, dimana Senin sampai dengan Minggu dan nilai data dari 0, 1, sampai dengan 7. Sedangkan tipe data Nama_Bulan termasuk enumerasi dengan rentang nilai Nol, Januari sampai dengan Desember dan nilai data dari 0, 1, sampai dengan 12.

Tipe Data Lainnya
1.    Tipe Data Terstruktur
A.   Tipe Data String   
Merupakan suatu data yang menyimpan array (larik), sebagai contoh 'ABCDEF' merupakan sebuah konstanta string yang berisikan 6 byte karakter. Ukuran Tempat untuk tipe data ini adalah 2 s/d 256 byte, dengan jumlah elemen 1 s/d 255.
B.   Tipe Data Set
Sebuah set merupakan suatu himpunan yang berisi nilai (anggota). Set merupakan Tipe data yang khusus untuk Pascal. Set dalam pemrograman sangat mirip dengan himpunan dalam ilmu matematika.

Salah satu manfaat dari penggunaan tipe data set adalah untuk mengecek apakah suatu nilai muncul dalam suatu range tertentu. Misalnya, untuk menentukan apakah suatu karakter berupa Lower Case Letter (huruf kecil), mis. Ch adalah tipe Char, kita bisa menulis, if (Ch >= 'a') and (Ch <= 'z') then Writeln( Ch,' merupakan huruf kecil.')atau, dengan notasi set, kita bisa menulis, if Ch in ['a'..'z'] then Writeln( Ch,' merupakan huruf kecil.');

2.    Tipe Data Pointer
Pointer merupakan variabel khusus yang berisi suatu address (alamat) di lokasi lain didalam memori. Suatu variabel yang points (menunjuk) ke sesuatu sehingga disebut pointer.

Ada dua macam pointer:
a)   Typed (tertentu) : merupakan pointer yang menunjuk pada tipe data tertentu pada variabel.
b)   Generic (umum) : merupakan pointer yang tidak menunjuk pada tipe data tertentu pada variabel.

Perlu diingat yah sobat, Type data semakin hari semakin berkembang. Itu terbukti dari analisa WESBOL pribadi, ketika WESBOL menggunakan VB6 dan Microsoft Ascces sebagai databasenya, type data yang keluar hanya sedikit.
ScreenShot Tipe Data pada Database Microsoft Access
Pengertian dan Jenis-jenis Tipe Data/ Data Type didalam Dunia Pemrograman
Pengertian dan Jenis-jenis Tipe Data/ Data Type didalam Dunia Pemrograman
Namun setelah WESBOL beralih menggunakan VB6 dan MySQL sebagai databasenya, type data yang keluar sangat banyak.
ScreenShot Tipe Data pada Database MySQL
Pengertian dan Jenis-jenis Tipe Data/ Data Type didalam Dunia Pemrograman
Pengertian dan Jenis-jenis Tipe Data/ Data Type didalam Dunia Pemrograman

Sekian artikel Pengertian dan Jenis-jenis Tipe Data/ Data Type didalam Dunia Pemrograman, semoga ulasan WESBOL dapat bermanfaat dan mudah dipahami oleh sobat-sobat sekalian. Pesan WESBOL, jangan menggunakan ilmu ini untuk hal-hal yang tidak baik :) . Jangan lupa ya share dan lihat artikel-artikel yang lainnya serta sering-sering berkunjung di lain waktu. :)

Klik suka FansPage Melodigulis Group pada sidebar kanan anda, agar menjadikan blog ini lebih berkualitas

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Bagikan

Jangan lewatkan

Pengertian dan Jenis-jenis Tipe Data/ Data Type didalam Dunia Pemrograman
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

32 komentar

Tulis komentar
avatar
Sabtu, Maret 26, 2016

nice gan cocok buat materi UTS saya yang tentang integer,real, dan char haha

Reply
avatar
Kamis, Agustus 11, 2016

Hohoho,, hati* jgn nyontek yah :v

Reply
avatar
Rabu, September 14, 2016

Izin copas gan, ke blog saya (y)

Reply
avatar
Kamis, September 15, 2016

Jangan gan.... tdk boleh asal copas.. kalo mau, di modifikasi dulu Gan

Reply
avatar
Jumat, September 23, 2016

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Reply
avatar
Senin, September 26, 2016

iya makasih gan :) mohon kerjasamanya

Reply
avatar
Sabtu, Oktober 29, 2016

keren gan...sangat membantu

Reply
avatar
Rabu, November 02, 2016

makasih ya gan. sangat membantu..

Reply
avatar
Rabu, Januari 18, 2017

terimaksih bro sangat membantu jadi referensi pr. :)

Reply
avatar
Rabu, Januari 18, 2017

terimaksih bro sangat membantu jadi referensi pr. :)

Reply
avatar
Anonim
Rabu, September 06, 2017

thanks sangat membantu

Reply
avatar
Selasa, Desember 05, 2017

Hahaha asal copas aja :v dah gitu minta ijin lagi kwokwow

Reply
avatar
Rabu, Januari 03, 2018

mantap bro aku jadi lebih pro dikit #bangga

Reply
avatar
Sabtu, Februari 24, 2018

izin copas kak, mkasih ilmunya :-)

Reply
avatar
Rabu, Februari 28, 2018

Silahkan ,, sertakan link nya juga ya hehe

Reply
avatar
Selasa, Maret 13, 2018

Makasih gan, aku jadi tau kalau error data selalu masuk 32767 pada int itu ternyata melampaui batas. Keren��

Reply
avatar
Rabu, Agustus 29, 2018

Kak mau nanya kok gak ada tipe data string?

Reply
avatar
Rabu, Agustus 29, 2018

Eh maaf sudah kelihatan hehe maaf ya kak saya bacanya kurang fokus :D

Reply

Silahkan Tinggalkan Kritik dan Saran yang membangun dari Anda
1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Dilarang mengirim link aktif di CommentBox
3. Selebihnya anda bebas berekspresi :)

Gunakan kode Emoticon di sini >