Cara Ampuh Merawat Laptop/ Notebook Agar Awet dan Tahan Lama

Assalamualaikum Wr. Wb. Sobat WESBOL.
Kali ini WESBOL akan share tentang Cara Ampuh Merawat Laptop/ Notebook Agar Awet dan Tahan Lama. Kebetulan ini merupakan postingan pertama pada Kategori Tutorial Komputer, semoga Sobat merasa puas dengan Tutorial kali ini :D … Langsung tanpa basa-basi, cekidot!!!!!
Cara Ampuh Merawat Laptop/ Notebook Agar Awet dan Tahan Lama
Cara Ampuh Merawat Laptop/ Notebook Agar Awet dan Tahan Lama
LARANGAN-LARANGAN DALAM MENGGUNAKAN LAPTOP
-  Dilarang mengoperasikan Laptop/ Notebook di atas kasur
Kebiasaan yang paling sering sobat lakukan, bermain laptop di atas tempat tidur dengan beralaskan kasur yang lembut dan empuk dengan bertiarap sambil ditemani dengan bantal. Wah pasti enak sekali ya!!! Sebenarnya itu tidak masalah, karena pada dasarnya tiap manusia memiliki The Best of Position (Posisi Terbaik/ Terenak/ Ternyaman…) yang dilakukan diri sendiri ketika lagi sibuk belajar/ melakukan suatu aktifitas. Dan tidak dapat dipungkiri, perusahaan sekelas Google pun melalukan metode demikian bagi karyawannya agar pada posisi-posisi tertentu si karyawan akan mendapatkan rasa relax saat bekerja sehingga menciptakan hasil yang memuaskan dari kaeyawan tersebut.
Namun tidak untuk di atas kasur, kenapa? Karena ketika sobat meletakkan laptop di atas kasur, dan pada saat itu juga sirkulasi udara di dalam laptop menjadi terhambat, bahkan tertutup. Itu akan menyebabkan laptop menjadi panas hingga sangat panas, sehingga berujung pada rusaknya komponen dan laptopnya.
-  Dilarang mengoperasikan laptop di tempat yang banyak debu
Debu akan masuk kedalam melalui lubang-lubang yang terdapat di laptop hingga menumpuk. Bahkan salah seorang teknisi mengatakan, bahwa kerusakan laptop yang sering ia ditemui disebabkan oleh debu. Banyaknya debu yang masuk ke laptop dapat menghambar putaran heatsink/ kipas processor, laptop menjadi cepat panas dan alhasil laptop akan rusak.
-  Dilarang mengperasikan laptop di ruangan yang panas
Contohnya jangan bermain di dapur, terkadang suhu diruangan dapur lebih tinggi dari suhu normal. Atau bermain ditempat yang tidak memiliki langit-langit, sehingga hawa panas dari seng dapat langsung berdampak ke laptop.
-  Dilarang mengperasikan laptop dengan rentang waktu yang lama > 5 jam (Tergantung jenis ketahanan komponen laptop)
Laptop yang terus-terusan dimain hingga berjam-jam tanpa ada break/ dimatikan sebentar maka dapat menyebabkan overheat hingga kerusakan pada laptop.
-  Dilarang meletakkan benda cair di dekat laptop
Saat kita focus pada aktivitas didepan laptop, tanpa disadari air minum/ benda cair yang berada didekat kita tersenggol dan tumpah mengenai laptop. Itu sangat berbahaya! Tidak hanya laptop, bahkan hampir seluruh alat elektronik akan rusak jika terkena benda cair.
-  Dilarang menggunakan laptop hingga baterai kosong 0%
Penggunaan semacam ini akan memperpendek usia baterai. Sebaiknya pada saat persentase baterai 10%, sebaiknya anda langsung mencharger ulang baterai anda. Dan ketika baterai penuh 100%, dianjurkan untuk melepas charger tersebut.
-  Dilarang mendekatkan benda-benda magnet dari laptop
Benda dengan medan magnet yang kuat seperti magnet baja/ batu magnet akan berdampak pada komponen laptop. Bahkan frekuensi wireless akan tidak stabil/ kacau ketika didekatkan dengan medan magnet yang besar.
-  Dilarang mengatur kecerahan monitor pada tingkat diatas normal/ sangat terang
Mungkin anda tidak langsung merasakan dampaknya pada laptop anda. Padahal jika anda melepas casing monitor laptop, anda akan merasakan panas pada bagian LCD laptop tersebut, terlebih lagi jika kontras/ kecerahan yang anda gunakan pada skala tinggi. Itu akan memperpendek umur LCD anda.
-  Dilarang terlalu sering memainkan game berat
Tahukah anda semakin cantik tampilan grafis suatu game, maka akan berdampak pada laptop anda? Contoh PES 2015, anda mungkin merasa kagum dengan grafis game tersebut tapi anda tidak tahu dibalik itu semua VGA Card yang pada dasarnya berperan dalam pengolahan grafis tersebut akan lebih bekerja ekstra keras ketika laptop dimainkan dengan game yang grafisnya tinggi. Jika terlalu sering dan lama dimainkan, maka akan menyebabkan komponen didalam laptop mengalami overheat. Selain itu, kebiasaan inimerupakan salah satu penyebab baterai laptop bocor, rusaknya layar laptop serta memperpendek umur laptop anda.
-  Dilarang menaru barang berat diatas laptop
Kebiasaan ini sering dianggap sepele, padahal dapat berakibat fatal. Laptop yang tertindih beban berat akan menyebabkan rusaknya layar laptop sekaligus komponen lainnya. Contoh kerusakannya yaitu timbulnya garis hitam atau titik berwarna di layar laptop anda.
-  Dilarang menekan keyboard terlalu keras
Lain hal dengan keyboard gamers, untuk keyboard standar jika anda terlalu keras menekan tombolnya maka akan menimbulkan kerusakan.
-  Dilarang terlalu sering menonton film dengan kaset di CD/DVD Rom laptop
Terlalu sering menggunakan optical Drive CD/DVD Rom laptop maka akan menyebabkan lemahnya komponen tersebut. Seingga pada kasus yang besar, lensa optic pada Optical Drive yang telah rusak tidak dapat lagi digunakan baik untuk keperluan burning, menonton film, dll.
-  Dilarang menggunakan laptop kontak langsung dengan matahari
Ada beberapa komponen yang rentan mengalami kerusakan jika langsung terkena sinar matahari. Contohnya yaitu LCD laptop.
-  Dilarang mengunduh/ mendownload software dari internet secara sembarangan
Pengunduhan yang dilakukan secara sembarangan dapat memperbesar peluang diserangnya virus pada laptop.
Ada beberapa jenis virus yang akan merusak jalannya suatu system, sebagai contoh terdapat kasus dimana dalam rentang waktu sekian detik laptop akan mati, diidupkan mati lagi dan begitu seterusnya. Saya sarankan untuk menggunakan antivirus terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas-aktivitas lain pada laptop.

KEWAJIBAN DALAM MENGGUNAKAN LAPTOP
-  Menggunakan benda dengan permukaan datar untuk alas laptop
Letakkan alas dengan bidang datar (Buku/ Kayu/ Triplek minimal seukuran laptop) jika dimainka diatas kasur, lalu taruh laptop diatas alas tersebut.
-  Membersihkan laptop secara berkala
Walaupun kita sudah yakin bahwa kita tidak menggunakan laptop pada area yang tidak berbedu, namun debu tetap saja menghinggapi laptop kita. Debu dapat terbang bersamaan dengan angin/ udara. Maka dari itu, buka casing dan bersihkan laptop anda secara berkala.
-  Biasakan menggunakan coolingpad
Walau kipas coolingpad terkadang tidak selaju yang diharapkan, tidak dapat menarik panas, namun coolingpad cukup berperan kecil dalam mengurangi panas di laptop. Dan dengan dibantu coolingpad, menjadikan bagian bawah laptop memiliki cukup rongga yang besar guna menunjang sirkulasi udara di laptop tersebut.
-  Berikan waktu istirahat untuk laptop anda
Break sebentar / Sleep Mode ketika pengoperasian laptop diatas > 5 jam (tergantung ketahanan laptop).
-  Selalu monitoring persentase baterai laptop
Charger bateri ketika pada persentase 10% dan lepaskan ketika 100%.
-  Atur kecerahan layar seperlunya
-  Pilih Game yang sesuai dengan spesifikasi jika anda anda ingin ngegame di laptop
Sebaiknya untuk keperluan game dengan grafis tinggi, upayakan menggunakan laptop dengan spesifikasi tinggi. Seperti RAM > 2GB, Processor dual core > 1,8 GHz, dan VGA > 1,5 GB. Bila perlu gunakan laptop khusus game untuk hal semacam ini.
-  Bersihkan bawah tombol keyboard
Terkadang ada bekas makanan, debu, pasir, kertas dll yang masuk kedalam rongga di keyboard laptop. Maka dari itu bersihkan dengan membuka tombol keyboard laptop anda.
-  Bersihkan optical drive laptop
Optical drive/ DVD Rom sangat rentan terhadap debu. Debu yang menempel pada optical drive dapat mengganggu saat proses pembacaan data dari piringan CD/DVD. Bersikan secara hati-hati karena lensa optic rawan rusak.
-  Bersihkan layar laptop
Saran saya gunakna screen protector atau pelindung layar agar tidak terjadi goresan. Bersihkan layar anda dengan screen cleaner dari debu-debu yang menempel.
-  Update Antivirus secara berkala
Selalu update antivirus laptop anda, karna konon katanya virus yang beredar selalu diperbaharui setiap harinya.

Kesimpulan Cara dan Tips Ampuh Merawat Laptop/ Notebook Agar Awet dan Tahan Lama
Setelah membaca artikel diatas, saya harap anda harus lebih memperhatikan Larangan dan Kewajiban dalam penggunaan laptop agar laptop anda awet dan tahan lama. Sudah menjadi opini public bahwa laptop-laptop yang beredar sekarang banyak yang meragukan ketahanan komponennya karena ada beberapa merk laptop belum sampai 1 tahun pengoperasian sudah mengalami kerusakan.
Namun dari pengalaman WESBOL pribadi, sekarang ini WESBOL menggunakan laptop merk Ax*** dimana banyak yang meragukan ketahanannya karena merupakan produk dari China. Akan tetapi dengan memperhatikan aspek perawatan laptop, Alhamdulillah dari kelas 1 SMP hingga Tamat SMK (Sekitar -/+ 5 tahun) laptop yang WESBOL gunakan tidak terlalu rusak. Hanya bagian-bagian kecil saja yang tidak memungkinkan untuk bertahan, seperti Optical Drive dan speaker yang mati sebelah, *lha jadi curhat :v wkwkwkkwk
Sekian artikel Cara Ampuh Merawat Laptop/ Notebook Agar Awet dan Tahan Lama, semoga ulasan WESBOL dapat bermanfaat dan mudah dipahami oleh sobat-sobat sekalian. Pesan WESBOL, jangan menggunakan ilmu ini untuk hal-hal yang tidak baik :) . Jangan lupa ya share dan lihat artikel-artikel yang lainnya serta sering-sering berkunjung di lain waktu. :) :)

Klik suka FansPage Melodigulis Group pada sidebar kanan anda, agar menjadikan blog ini lebih berkualitas

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Ampuh Merawat Laptop/ Notebook Agar Awet dan Tahan Lama
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

8 komentar

Tulis komentar
avatar
Sabtu, November 07, 2015

bener banget mas apalagi kalo lgi di ruangan panas :3 laptop makin panas aja hhaaha

Reply
avatar
Minggu, November 08, 2015

Makanya bawa AC portable gan :D

Reply
avatar
Selasa, April 19, 2016

betul banget tu gan, saya sering nonton vcd di laptop sekarang tempat pemutar vcd nya malah rusak :(

Reply
avatar
Kamis, Agustus 11, 2016

hohoho,, intinya jangan keseringan aja gan. kalo dipikir-pikir,, DVD tdk dipake juga sayang kan. di pake sering malah rusak... #Dilema ~

Reply
avatar
Minggu, Februari 19, 2017

iya,saya selalu charger notebook meskipun sudah 100%,dan sekarang klo batterainya sdh 30%-40% langsung mati

Reply
avatar
Kamis, Februari 23, 2017

Ada pengalaman temen ane gan, dia suka main laptop sampe ngedrop batterynya... akhirnya batterynya bocor, kalo charger di cabut langsung mati tuh laptop

Reply

Silahkan Tinggalkan Kritik dan Saran yang membangun dari Anda
1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Dilarang mengirim link aktif di CommentBox
3. Selebihnya anda bebas berekspresi :)

Gunakan kode Emoticon di sini >