Pengertian VB6.0 (Visual Basic 6.0)

Assalamualaikum Wr. Wb. Sobat WESBOL 
Langsung saja ya to the point, soalnya mata WESBOL sudah agak mengantuk malam ini. Tanpa panjang lebar simak penjelasan WESBOL tentang Pengertian VB6.0 (Visual Basic 6.0).

Microsoft Visual Basic 6.0 (disingkat sebagai VB6.0) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak/ aplikasi berbasis sistem operasi Microsoft Windows yang berbasis GUI (Grapical User Interface).
Microsoft Visual Basic merupakan event-driven programming (pemrograman terkendali kejadian) artinya program menunggu sampai adanya respon dari pemakai berupa event atau kejadian tertentu (tombol diklik, menu dipilih, disentuh, dan lain-lain).


Kelebihan Visual Basic 6.0

Visual Basic 6.0 begitu populer bagi kalangan developer dibanding bahasa pemprograman yang lain seperti Pascal. Kenapa populer? Sebab Visual Basic 6.0 menggunakan bahasa Basic untuk pemogramannya. Kita pun tahu, konon katanya bahasa pemograman Basic merupakan bahasa pemograman tingkat awal atau relatif lebih mudah dimengerti daripada bahasa-bahasa pemograman yang lain.
Begitu populernya Visual Basic, maka banyak juga sumber-sumber diluar sana yang menyajikan Informasi untuk kita agar kita lebih mendalami serta dapat mengembangkan kemampuan. Sumber-sumber yang dimaksud antara lain berupa buku, referensi-referensi dari internet, Grup Visual Basic, dll.
Visual Basic 6.0 menyediakan fasilitas yang memungkinkan untuk membuat tampilan sebuah program dengan memasang objek-objek grafis (Component) dalam sebuah form. Selain itu Visual Basic 6.0 juga menawarkan berbagai kemudahan dalam mengelola sebuah database. Selain keistimewaan yang handal Micrososft Visusal Basic 6.0 memiliki keistimewaan yang paling utama adalah Object Oriented Programming (OOP) atau disebut dengan pemrograman yang berorientasi objek yang mempermudah para pemakai dalam membangun sebuah modul aplikasi yang lengkap.
Secara default component-component pemrograman memang telah terpasang di aplikasi Visual Basic sejak pertama kali diinstall, namun component tersebut tidaklah begitu menarik. Maka dari itu, ini lah salah kelebihan dari Visual Basic. Kita dapat memperoleh banyak component (ActiveX, file DLL, file OCX, dll) secara gratis ataupun yang berbayar diinternet, sehingga dapat memperindah tampilan interface dari aplikasi yang developer buat.

Kelemahan Visual Basic 6.0

Namun dari kelebihan, tentu ada juga ada kelemahan dibalik itu semua.
Visual Basic 6.0 adalah bahasa pemrograman yang lumayan powerfull, namun tidak terlalu bagus untuk membuat game.
Dari segi interface, GUI dari pemrograman Visual Basic 6.0 sangatlah klasik, sehingga banyak orang yang beranggapan bahwa pemrograman ini ketinggalan zaman. 
Eittttssssssss, jangan berkecil hati dulu ya Sobat WESBOL. Dengan sedikit kreatifitas, Inovasi dan sedikit Coretan Seni dengan aplikasi photoshop, corel draw atau paint, dll, sobat dapat menyulap GUI Visual Basic yang konon tampilannya klasik berubah menjadi modern. Ini contohnya.
Pengertian VB6.0 (Visual Basic 6.0)
Pengertian VB6.0 (Visual Basic 6.0)
Nah, sudah percayakan tampilan VB6.0 yang klasik ternyata dapat dirubah? Maaf postingan ini agak melenceng dari judulnya, bukannya WESBOL tidak nyambung dalam memposting artikel. Namun WESBOL lebih kepada menunjukkan hal yang seharusnya ditunjukkan sebelum para pembaca malah berpindah ke lain hati setelah membaca kelemahan dari Visual Basic ini :D 
Semoga sobat tidak kecewa dulu ya dengan Visual Basic 6.0... Yakin lah, bahwa Visual Basic 6.0 tidak kalah saing lo dengan aplikasi-aplikasi lain yang mungkin dari segi Interface nya sudah modern.

Sekian artikel Pengertian VB6.0 (Visual Basic 6.0), semoga ulasan WESBOL dapat bermanfaat dan mudah dipahami oleh sobat-sobat sekalian. Pesan WESBOL, jangan menggunakan ilmu ini untuk hal-hal yang tidak baik :) . Jangan lupa ya share dan lihat artikel-artikel yang lainnya serta sering-sering berkunjung di lain waktu. :) :)

Klik suka FansPage Melodigulis Group pada sidebar kanan anda, agar menjadikan blog ini lebih berkualitas

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Bagikan

Jangan lewatkan

Pengertian VB6.0 (Visual Basic 6.0)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 komentar

Tulis komentar
avatar
Sabtu, Februari 27, 2016

maaf admin, buat referensi aja untuk pengunjung
untuk tutorialnya bisa kalian lihat di :
(Copi di google)
bluespedia xyz

Reply
avatar
Kamis, Agustus 11, 2016

im sorry gan... please don't put ur link in this comment...

Reply

Silahkan Tinggalkan Kritik dan Saran yang membangun dari Anda
1. Berkomentarlah yang baik dan sopan
2. Dilarang mengirim link aktif di CommentBox
3. Selebihnya anda bebas berekspresi :)

Gunakan kode Emoticon di sini >